Lakukan Ini Agar Anak Anda Terhindar Kanker

https://lsyindonesia.com/ini-dia-obat-herbal-yang-ampuh-untuk-kanker-payudara/

Lakukan Ini Agar Anak Anda Terhindar Kanker

Kita tahu kanker merupakan penyakit tidak menular namun bisa mematikan jika penanganannya tidak cepat dan tepat.

Menurut dr Edi Setiawan Tehuteru, SpA(K), MHA dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, kalau kanker pada anak-anak sebenarnya sulit dan hampir nggak bisa dicegah. Nggak seperti orang dewasa, diet dan olahraga yang tepat bisa mencegah terjadinya kanker. Hal ini karena jika orang dewasa terkena kanker, biasanya pola hidupnya kurang baik. Lalu, apa upaya yang perlu kita lakukan pada anak-anak agar terhindar kanker?

"Seorang ibu bisa mengupayakan agar bayinya tumbuh menjadi anak sehat sehingga nanti dewasa nggak terkena kanker. Untuk bayi baru lahir perlu diberikan ASI, karena ada penelitian 30 persen anak ASI terlindungi dari leukemia (kanker darah). Ekslusif selama enam bulan, lalu MPASI dan ASI sampai usia dua tahun," ujar dr Edi saat Live Chat Instagram dan Facebook HaiBunda, baru-baru ini.

Kata dr Edi, dengan menyusui anaknya sang ibu dapat terhindar dari risiko terkena penyakit kanker payudara. Hal ini karena hormon kehamilan bisa memicu munculnya sel kanker.

"Jika anak sudah masuk sekolah pastikan juga nggak jajan sembarangan. Makanan-makanan yang memicu kanker itu memiliki zat-zat karsinogenik seperti zat perwarna sintetik, bakso dengan boraks dan formalin," kata dr Edi.

Berbicara tentang kanker pada anak, kanker yang bisa diturunkan dari orang tua itu kanker bola mata. Kata dr Edi, bila orang tua terkena kanker bola mata dan ingin punya anak lagi, maka anaknya nanti bisa memiliki peluang terkena kanker bola mata. Selain itu, jangan salah, janin juga bisa kena kanker, lho, Bun. Namanya Leukemia Kongenital dan dari sejak lahir anak tersebut sudah kena leukemia.

"Kalau sudah seperti itu kemoterapi sejak dini menjadi satu-satunya jalan. Ini saya lagi menangani pasien yang berusia tiga bulan," lanjut dr Edi.

dr Edi menekankan jika kondisi kesehatan anak nggak seperti biasanya, segera bawa ke dokter untuk konfirmasi. Kadang-kadang orang tua menyadari anak kena kanker saat gejalanya timbul. Padahal gejala kanker kadang nggak timbul secara langsung.

"Perkembangan sel kanker itu nggak bisa ditentukan. Kalau sudah terdiagnosis kankernya, ikuti kata dokternya. Kalau kanker itu sampai sekarang hanya diobati dengan kemoterapi, kenapa harus dikemo? Karena sampai saat ini obat kemo yang bisa mengikuti perubahan sel-sel kanker dan menghentikan penyebarannya," tutup dr Edi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *